JKT48 Info - Apa itu JKT48 One yang Gantikan Project JKT48 Re:Boost

JKT48 One adalah sebuah project baru dari manajemen JKT48 yang diumumkan pada Konser 8th Anniversary JKT48 yang diselenggarakan di Tunjungan Plaza, Surabaya. Pada pengumuman ini, Melody Laksani selaku General Manager mengatakan bahwa project One ini akan menggantikan project JKT48 Re:Boost yang telah berjalan sebelumnya.

Project JKT48 One ini mengambil konsep "One For All" yang bertujuan untuk mempersatukan dan mempererat hubungan antara JKT48 dan Fans JKT48. Lalu, apa saja isi dari project baru ini? Mari kita bahas satu per satu...

Handshake Event setiap Bulan

Umumnya, Handshake Event JKT48 diselenggarakan setiap 3 bulan sekali dengan tajuk JKT48 Handshake Festival yang berisikan berbagai kegiatan, selain Handshake juga terdapat 2Shoot, Stage Activity dan Booth Activity. 

Namun, setelah melihat antusiasme Fans di tiap Handshake Event, akhirnya JOT atau management menambahkan jadwal Handshake Event menjadi setiap bulan dengan urutan bulan pertama dan kedua adalah Handshake Event yang kegiatannya hanya jabat tangan dan pada bulan ketiga baru diadakan Handshake Festival seperti biasanya.

Perilisan seluruh lagu Theater JKT48 ke platform Streaming

Seperti yang kita ketahui bersama kalau JKT48 memiliki ratusan lagu yang sayangnya tidak dirilis semuanya secara resmi. Memahami hal tersebut, manajemen JKT48 akhirnya mengambil inisiatif untuk merilis seluruh lagu yang sudah pernah ditampilkan di Theater JKT48 ke platform streaming seperti Spotify dan JOOX.

Belum ada informasi lebih soal tanggal perilisan lagu theater ini.

Livestreaming Theater JKT48

JKT48 membuat inovasi baru dengan mengadakan tayangan Livestreaming Theater JKT48 untuk para fans. Hal ini dilakukan mengingat banyak Fans Far JKT48 yang cukup kesulitan untuk bisa datang ke Jakarta untuk menonton langsung penampilan para member di Theater JKT48. Tentunya program ini sangat disambut dengan antusias oleh para fans far yang sudah lama mengharapkan hal ini diwujudkan oleh JKT48.

JKT48 Camping 

JKT48 Camping adalah event baru dari manajemen JKT48 yang diharapkan dapat mempererat hubungan para Member dengan Fans JKT48. Pada event ini, JKT48 dan para Fans akan bercamping bersama di alam dengan berbagai kegiatan seru.

Bagaimana konsep event baru ini nantinya? Mari kita nantikan detail dan pelaksanaannya di tahun 2020.

Setlist baru untuk Academy dan KIII

Setelah sekian lama membawakan setlist legend Pajama Drive, akhirnya para member Academy JKT48 mendapatkan setlist baru untuk ditampilkan di Theater JKT48. Setlist baru yang akan dibawakan oleh Academy adalah Boku no Taiyou.

Seperti apa Boku no Taiyou versi Academy? Mari kita saksikan di tahun 2020 !

Kapten Baru KIII

Dikarenakan Yona telah resmi lulus dari JKT48, maka posisi kapten menjadi kosong. Melihat akan adanya setlist baru untuk Team KIII, maka tim ini memerlukan sosok kapten yang baru. Nah, Ratu Vienny Fitriliya ditunjuk menjadi kapten baru Team KIII hingga hari kelulusannya nanti.

Vienny ditunjuk menjadi kapten untuk membimbing para member Team KIII yang baru agar semakin kompak dan solid sehingga bisa tetap memliki spirit Team KIII yang telah dibangun oleh Vienny dan para pioneer Team KIII lainnya. Selain itu, Vienny juga akan membantu Team KIII untuk mempersiapkan diri menyambut setlist baru yang akan segera diumumkan.

UPDATE : Setlist baru Team KIII berjudul Ramune no Nomikata (Cara Meminum Ramune).

Reshuffle Team J, K dan T

Terdapat reshuffle member tim yang dilakukan oleh management yang berlaku mulai 1 Januari 2020. Berikut adalah list member yang dipindahkan ke tim lain :

  • Anindhita Rahma Cahyadi dipindah menjadi Double Team di J dan KIII
  • Nabila Fitriana dipindahkan ke Team J
  • Tan Zi Hui Celine dipindahkan ke Team J
  • Melati Putri Rahel Sesilia dipindahkan ke Team J
  • Jinan Safa Safira dipindahkan ke Team KIII
  • Gabryela Marcelina dipindahkan ke Team KIII
  • Puti Nadhira Azalia dipindahkan ke Team KIII
  • Fidly Immanda Azzahra dipindahkan ke Team KIII
  • Adriani Elisabeth dipindahkan ke Team J
  • Rinanda Syahputri dipindahkan ke Team KIII
  • Gabriel Angelina dipindahkan ke Team J

Setelah reshuffle berlaku, Team T menjadi kosong. Maka dari itu, Last Stage untuk setlist Seifuku no Me akan dilaksanakan pada 29 Desember 2019. Namun, Team T tidak akan terhenti sampai disini, member Team T yang baru akan diumumkan pada Handshake Festival di Juni 2020.

Kerjasama JKT48 dengan SKE48

Yuasa Hiroshi sebagai Special Advisor dari JKT48 ikut kontribusi pada project JKT48 One dengan mengadakan kerja sama JKT48 dengan SKE48. Pada kerjasama ini, akan terdapat berbagai event menarik. Untuk tahap pertama, JKT48 dan SKE48 akan saling berkunjung untuk mempromosikan daerah-nya masing-masing.

JKT48 Janken Competition 2020

Event yang seru dan menegangkan akan kembali hadir di tahun 2020 yaitu JKT48 Janken Competition. Pada event ini, seluruh member JKT48 akan beradu keberuntungan lewat janken atau Suit Batu-Kertas-Gunting, member yang memenangkan pertandingan dan mampu merangkak naik hingga peringkat atas akan mendapat kesempatan untuk membawakan single baru dengan hanya bermodalkan keberuntungan.

Event ini sebelumnya sudah pernah diselenggarakan pada Tahun 2016 dengan juara utamanya adalah Sinka Juliani yang berhak menjadi center single Love Trip!.

Kapten JKT48 yang Baru

Dikarenakan Beby Chaesara Anandila mengumumkan kelulusannya, maka harus ada calon kapten baru untuk menggantikannya. Ditunjuk secara langsung oleh Beby, Gaby akan menjadi wakil kapten dari Beby hingga hari kelulusannya. Dan, setelah Beby resmi lulus, Gaby akan menjadi kapten JKT48 yang baru.

Itulah detail perubahan dari konsep JKT48 Re:Boost ke konsep JKT48 One. Semoga dengan konsep yang baru ini JKT48 semakin maju dan semakin dikenal oleh masyarakat di Indonesia. Amin~