JKT48 Info - Istilah dan Singkatan Dalam Fandom JKT48 - PART 1

Fiony at Joy Kick! Tears Hanshake Festival Surabaya by @rarifigar

Fandom JKT48 merupakan salah satu fandom yang unik dimana banyak hal menarik yang bisa kita kulik dari dunia peridolan lokal satu ini. Mulai dari lagunya, berbagai event-nya hingga kelakukan dan berbagai interaksi dan kegiatan di dalam fandom ini.

Nah, buat kamu yang tertarik dengan Fandom JKT48, sebelum kalian nyebur lebih dalam, kalian perlu paham dulu nih beberapa istilah dan singkatan yang ada di Fandom JKT48. Kenapa? agar tidak ada kesalahpahaman atau miss informasi sehingga tidak terjadi masalah antar sesama Fans nantinya.

Apa saja singkatan dan istilah tersebut? Berikut list beserta penjelasannya..

Istilah dan Singkatan Dalam Fandom JKT48

JOT

JOT merupakan sebuah singkatan untuk JKT48 Operational Team atau staff dari JKT48. Singkatan ini sudah sangat umum dikalangan Fans JKT48 untuk menyebut Staff dan Manajemen dari JKT48 karena singkat dan mudah untuk diingat.

Wota

Wota sebenarnya adalah nama sebutan untuk orang yang menyukai Idol J-Pop dimana mereka benar-benar berdedikasi tinggi untuk mendukung dan mengikuti idola mereka tersebut, bisa dibilang bereka memiliki antusiasme dan obsesi yang lebih tinggi dibandingkan dengan Fans pada umumnya. Jadi, Wota bukan sebutan untuk para fans dari idol group JKT48 karena secara resmi (dari JOT), nama untuk Fans JKT48 adalah Fans JKT48 itu sendiri.

Oshi / Oshimen

Setiap Fans JKT48 umumnya memiliki Oshi atau Member yang dia dukung dan sekaligus juga member yang paling dia sukai pastinya.  Jika seorang Fans JKT48 berkata dia meng-oshikan salah satu member, maka dia sudah pasti mendukung member tersebut, mulai dari menonton setiap pertunjukkannya hingga mendukung dengan voting di Senbatsu Sousenkyo.

Penjelasan lebih lengkap tentang istilah Oshi dan istilah turunannya, silahkan baca artikel Memahami Istilah "Oshi" dan Istilah Turunannya.

Senbatsu Sousenkyo (SSK)

Senbatsu Sousenkyo atau biasa disingkat dengan SSK merupakan sebuah event besar di Fandom JKT48 dimana seluruh member JKT48 bersaing untuk memperebutkan posisi 1 hingga 32 untuk membawakan lagu Single dan lagu Coupling Song terbaru yang akan dirilis. Untuk member yang menduduki peringkat 1 hingga 16 di pengumuman akhir disebut Senbatsu (member terpilih) dan untuk peringkat 17 hingga 32 disebut sebagai Undergirls.

Member Senbatsu akan membawakan lagu single (mulai dari rekaman, MV hingga tour dan promosi) dan Undergirls akan membawakan lagu Coupling Song.

Handshake (HS)

Handshake merupakan kegiatan paling ditunggu-tunggu oleh para Fans karena hanya di event ini Fans dan Idolanya dapat bertatap muka serta ngobrol secara personal. Handshake hanya dapat dilakukan pada event Handshake di Theater  JKT48 (setiap bulan) serta pada event Handshake Festival (setiap 3 bulan).

Untuk dapat melakukan Handshake bersama member yang kamu inginkan, kamu harus membeli Download Card yang berhadiah tiket handshake, kalian dapat memilih member dan sesi handshake yang kamu inginkan. Setiap satu tiket, kalian mendapatkan 10 detik sesi handshake yang dapat kalian gunakan maksimal 10x untuk setiap penukaran.

2Shoot (Tusut)

2Shoot merupakan event khusus dimana para Fans JKT48 dapat berfoto berdua dengan member JKT48. Umumnya, 2Shoot dapat dilakukan di Theater JKT48 dengan cara membeli tiket 2Shoot Roulette. Tiket 2Shoot Roulette ini digunakan untuk memutar roda Roulette yang akan menentukan kamu akan berfoto dengan siapa.

Namun, kesempatan 2Shoot tidak hanya di Theater JKT48 saja, di setiap event Handshake Festival juga tersedia booth 2Shoot dimana kalian dapat memilih sendiri ingin berfoto dengan siapa sesuai sesi yang telah ditentukan.

BINGO

Bingo merupakan pengundian tempat duduk saat sebelum memasuki Theater JKT48 untuk menonton show. Bingo ini berlaku untuk kalian yang menonton show thater menggunakan tiket regular (bukan tiket khusus seperti New Friend Campaign ataupun First Experience). Staff JKT48 akan mengundi dan menyebutkan nomor tiket yang akan menentukan posisi duduk kalian selaman menonton, yang disebutkan nomornya paling awal akan mendapatkan posisi duduk paling depan.

MVP

MVP merupakan penghargaan untuk para Fans JKT48 yang telah menonton pertunjukkan theater sebanyak 100 kali serta kelipatannya (200, 300, 400, dst). Kalian dapat melihat jumlah menonton Theater JKT48 di halaman My Page di situs JKT48.com. Bila sudah mencapai 100 atau kelipatannya, kalian dapat mengajukan klaim MVP untuk mendapatkan hadiah dari JKT48 berupa pin MVP, Kaos bertandatangan member, foto bareng member serta hadiah menarik lainnya.

#FansFar

Sesuai dengan namanya, Fans Far merupakan fans yang berada di luar Jakarta yang terhalang jarak untuk bisa mengunjungi dan menonton pertunjukkan di Theater JKT48. Umumnya, Fans Far menunggu event diluar Jakarta untuk bisa bertemu dengan idolanya, seperti undangan tampil atau mengisi acara tertentu serta berbagai event official seperti Direct Selling (Promosi Single / Album), JKT48 Circus, Konser Anniversary dan Pengumuman SSK.

Fans Near

Kebalikan dari Fans Far, Fans Near adalah sebutan untuk Fans JKT48 yang berada disekitar Theater JKT48. Sebutan ini biasa digunakan untuk Fans yang berada atau tinggal di wilayah Jabodetabek yang masih relatif dekat bila ingin berkunjung ke Theater JKT48 dan menghadiri berbagai Event Official dan Event Lain yang mengundang JKT48 sebagai pengisi acara.

Baca Juga : Apa itu JKT48 One yang Gantikan Project JKT48 Re:Boost?

Itulah beberapa istilah yang harus kalian ketahui, sekarang, karena kalian sudah paham kan? maka, kalian boleh deh nyebur di Fandom JKT48 yang seru dan menyenangkan. Siapa tahu kecantol salah satu member dan nggak bisa keluar kaya mimin :D

Jika ada istilah lain yang belum kalian pahami, boleh loh Message mimin di Fanpage Arsip Wota, nanti kalau udah terkumpul cukup banyak bakal mimin buatin Part 2-nya. Terima Kasih~

Photo by : @rarifigar
-Gigs

0 Comments

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar anda dengan jelas dan sopan. Kami berhak menghapus komentar anda bila komentar yang telah anda tulis kami anggap tidak baik.