Apa itu Senbatsu Sousenkyo atau SSK ?

Untuk kalian yang masih awam seputar dunia Idol Jepang mungkin akan asing dengan istilah Senbatsu Sousenkyo atau yang biasa disingkat menjadi SSK. "Sebenarnya SSK itu apa sih?" "Kenapa Senbatsu Sousenkyo bisa menciptakan antusiasme yang luar biasa untuk mereka yang aktif mengikuti fandom idol seperti JKT48?". Nah, semua rasa penasaran tersebut akan mimin coba jawab melalui artikel ini.

Mari kita mulai pembahasannya dengan memahami arti dan makna dari "Senbatsu Sousenkyo".

Baca Juga : JKT48 4th Digital Photobook - Mask Collection

Arti dari Senbatsu Sousenkyo?

Senbatsu Sousenkyo terdiri dari 2 kata, yaitu Senbatsu dan Sousenkyo. Jika kita terjemahkan ke bahasa Indonesia, kata senbatsu memiliki arti pilihan sedangkan kata sousenkyo memiliki arti pemilihan. Saat kedua kata ini digabungkan dapat diartikan sebagai pemilihan umum.

Jadi, Senbatsu Sousenkyo merupakan sebuah event pemilihan umum yang diselenggarakan oleh idol group yang merupakan saudari dari AKB48 untuk menentukan member yang berhak untuk membawakan lagu utama dari single terbaru. Para member yang terpilih biasa disebut sebagai Senbatsu (member terpilih).

Perilisan single melalui event Senbatsu Sousenkyo biasanya hanya dilakukan satu kali dalam satu tahun dan diselingi dengan Senbatsu Pilihan Manajemen dan pemilihan senbatsu melalui Janken Competition.

Tujuan Diadakannya Senbatsu Sousenkyo

Seperti yang kita ketahui, 48 Group memiliki ciri khas dimana mereka memiliki jumlah member yang sangat banyak dan terus melakukan regenerasi setiap tahunnya. Contoh yang paling dekat adalah JKT48 yang mana ketika artikel ini diterbitkan, mereka sedang melangsungkan audisi generasi ke-10.

Dengan banyaknya member yang tergabung dalam sebuah idol group, maka tidak mungkin seluruh member tampil bersama-sama dalam satu waktu untuk membawakan sebuah lagu. Nah, maka dari itu diadakan sebuah senbatsu sousenkyo atau pemilihan umum sebagai salah satu cara untuk menentukan member yang layak untuk tampil membawakan single terbaru.

Pemilihan umum ini menggunakan sistem voting yang memungkinkan para fans untuk memilih oshi atau member favoritnya agar dapat menjadi salah satu member yang membawakan single terbaru saat masa promosi dan juga berbagai event diluar pertunjukan theater.

Sistem Voting Senbatsu Sousenkyo

Di JKT48, voting untuk pemilihan member dapat dilakukan menggunakan kode voting. Kode bisa didapatkan melalui beberapa cara, diantaranya : menonton Pertunjukan Theater, membeli Download Card edisi khusus dan Voting melalui Layanan SMS. Kode voting yang telah didapatkan dapat digunakan melalui halaman special page senbatsu sousenkyo yang terdapat di situs www.jkt48.com.

Voting dilakukan sekitar 1 hingga 2 bulan. Selama masa voting, biasanya akan diadakan beberapa event seperti Handshake Festival dan JKT48 Circus sebagai media promosi dan unjuk bakat para member sebagai kandidat senbatsu.

Jumlah & Istilah untuk Member yang Terpilih

Jumlah member yang berhak untuk membawakan lagu utama dari single terbaru yang akan dirilis adalah sejumlah 16 orang member yang diambil dari Top 16 dari hasil voting senbatsu sousenkyo. Nama atau istilah untuk formasi tersebut adalah Senbatsu atau Member Terpilih.

Namun, selain formasi utama tersebut, juga ada beberapa formasi lain yang dapat diambil oleh manajemen dari hasil voting. Berikut detailnya :

    1. Senbatsu, member terpilih dari peringkat 1 hingga 16.
    2. Under Girls, member terpilih dari peringkat 17 hingga 32.
    3. Next Girls, member terpilih peringkat 33 hingga 48.
    4. Future Girls, member terpilih peringkat 49 hingga 64.
    5. dst.

Di JKT48 sendiri, manajemen atau JOT biasanya hanya mengambil 32 besar dari hasil Senbatsu Sousenkyo atau Pemilihan Member untuk membawakan lagu utama dan coupling song dari single terbaru yang akan dirilis. Maka dari itu, persaingan yang terjadi di dalam fandom cukup sengit, baik itu antar para member maupun antar para fans yang ingin idola-nya dapat membawakan single terbaru.

Reward untuk Member yang Terpilih

Selain mendapatkan kesempatan untuk tampil membawakan single terbaru di berbagai event diluar theater seperti di acara televisi, konser dan berbagai acara off air, member juga mendapatkan reward lain karena telah berhasil menjadi member terpilih.

Biasanya, member yang menduduki peringkat 1,2 dan 3 pada senbatsu sousenkyo mendapatkan reward untuk dapat memilih dan membawakan lagu yang mereka inginkan, lagu itu dapat berupa lagu solo ataupun group song. Contohnya seperti pada Pemilihan Member Single Original yang hasilnya diumumkan pada 30 September 2019 yang lalu dimana Shani Indira Natio, Feni Fitriyanti dan Riska Amelia Putri mendapatkan lagu khusus karena telah menjadi top 3 di senbatsu sousenkyo.

    1. Shani Indria Natio (Peringkat 1) mendapatkan lagu solo Menanti
    2. Feni Fitriyanti (Peringkat 2) mendapatkan lagu duo Gesu na Yume
    3. Riska Amelia Putri (Peringkat 3) mendapatkan lagu trio Dare Ga Futari Wo Deawaseta No Ka?

Baca Juga : Profile Member JKT48 Generasi ke-9

Itulah sedikit penjelasan tentang Senbatsu Sousenkyo mulai dari arti, makna, sistem, peringkat, cara voting, hingga reward yang didapatkan oleh member yang berhasil menduduki peringkat tertinggi di event ini. Semoga penjelasan dari mimin dapat kalian pahami.

Bila ada pertanyaan tentang artikel ini, kritik, saran ataupun submisi konten atau artikel, jangan sungkan-sungkan untuk langsung hubungi kami di Facebook Page kami ya. Terimakasih sudah membaca artikel ini wots! 

Foto : Album Pemilihan Member Single Original JKT48 -Gigs

0 Comments

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar anda dengan jelas dan sopan. Kami berhak menghapus komentar anda bila komentar yang telah anda tulis kami anggap tidak baik.