JKT48 Info - 5 Kategori Lagu dari JKT48 Menurut Status Perilisannya

Cuplikan Video JKT48 8th Anniversary - Arsip Wota

JKT48 sebagai bagian dari AKB48 Group yang telah berdiri selama 8 tahun di Indonesia (ketika artikel ini dibuat) tentunya bukan lagi group idola kaleng-kaleng. Selain aktif merilis lagu baru dan mengadakan berbagai event dan konser, JKT48 dengan JKT48 Theater-nya di fX Sudirman masih terus memberikan hiburan dengan menampilkan pertunjukan hampir setiap hari.

Dengan berbagai kegiatannya di permusikan dan entertaiment Indonesia, JKT48 sudah memiliki ratusan lagu yang bisa kalian nikmati loh setiap harinya. Oleh karena itu, para artikel kali ini, mimin tertarik untuk membahas tipe atau kategori lagu dari JKT48 menurut status perilisannya. Kenapa? karena tidak semua lagu dari JKT48 sudah dirilis secara resmi dalam bentuk single ataupun album.

Satu cara paling mudah untuk kalian dalam melihat kategori lagu dari JKT48 adalah ketika mereka diundang untuk tampil di TV atau event tertentu, mereka akan tampil membawakan lagu-lagu yang sudah resmi dirilis, contoh yang paling dibawakan seperti Heavy Rotation, Fortune Cookie yang Mencinta dan Karena Kusuka Dirimu. Namun, diluar itu, JKT48 masih punya banyak lagu lain yang sering mereka bawakan di panggung theater dan event resmi mereka (Konser, Handshake Festival, Request Hour dan event lainnya).

Nah, pada artikel ini, mimin mengelompokkan lagu-lagu dari JKT48 menjadi 5 tipe sesuai status perilisannya yaitu Single Song, Album Song, Coupling Song, Stage Song dan Other Song. Berikut pembahasan selengkapnya..

Baca Juga : Daftar Lengkap Member Baru JKT48 Team T (Formasi ke-3)

Kategori Lagu JKT48 Menurut Status Perilisannya

Single Song

Lagu Single merupakan seluruh lagu dari JKT48 yang telah dirilis secara resmi sebagai sebuah single dan dibawakan oleh formasi member Senbatsu. Setiap lagu yang dirilis sebagai single, judul lagunya juga akan menjadi judul dari single, download card dan juga judul untuk event handshake festival.

Lagu Single merupakan lagu-lagu dari JKT48 yang paling mudah untuk kita kenali karena dipromosikan dengan sangat serius dan sering dibawakan di berbagi acara. Bahkan, beberapa lagu single yang sudah berumur cukup lama masih sering dibawakan oleh JKT48 sampai sekarang.

Album Song

Lagu Album yaitu seluruh lagu dari JKT48 yang sudah dirilis dalam bentuk album. Umumnya, lagu yang ada di album merupakan lagu JKT48 yang populer seperti Heavy Rotation (Heavy Rotation), Pesawat Terbang Kertas 365 Hari (Mahagita), Soramimi Rock (B.E.L.I.E.V.E), dan Kereta Kedewasaan (Joy Kick! Tears).

Coupling Song

Lagu Coupling adalah lagu yang menjadi track pendamping dari lagu yang menjadi single yang dirilis oleh JKT48. Lagu coupling yang menempati track nomor 2 akan dibawakan oleh para member Undergirls dan untuk nomor lagu berikutnya umumnya adalah lagu panggung dari setiap tim (Team J, Team KIII dan Team T) dan diikuti lagu panggung yang dibawakan oleh Member Academy Class A atau other song.

Stage Song

Lagu Panggung atau Stage Song merupakan setiap judul lagu dari JKT48 yang sudah pernah dibawakan di Theater JKT48 yang merupakan bagian dari setlist pertunjukan theater JKT48. Mayoritas lagu panggung dari JKT48 hanya akan dibawakan saat pertunjukan theater saja kecuali untuk lagu panggung yang sudah pernah dirilis secara resmi, entah itu menjadi coupling song dalam sebuah single ataupun menjadi salah satu track dalam sebuah album.

Other Song

Sesuai istilahnya Other Song merupakan lagu-lagu lain dari JKT48 yang tidak masuk ke dalam salah satu kategori diatas namun sudah pernah dibawakan di pertunjukan theater ataupun di sebuah event resmi dari JKT48 seperti Handshake Festival, Konser, Request Hour atau berbagai event resmi lainnya. 

Beberapa contoh Other Song dari JKT48 adalah Pin Heel Merah dan Professor, New Ship, Better, JKT48 dan Petak Umpet Romansa.

Baca Juga : Perbedaan Antara Group Song dengan Unit Song di JKT48

Pengelompokan lagu menurut status perilisan diatas mimin buat dengan mengambil referensi dari Request Hour 2017 Special Page yang ada di website resmi JKT48. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dalam menambah wawasan kalian seputar JKT48. #NGIDOLPOSITIVE~! -Gigs

0 Comments

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar anda dengan jelas dan sopan. Kami berhak menghapus komentar anda bila komentar yang telah anda tulis kami anggap tidak baik.