JKT48 Info - Peran Captain dan Center di JKT48

Captain dan Center merupakan dua posisi atau dua jabatan yang penting di sebuah idol group seperti JKT48. Selain merupakan sebuah posisi yang tinggi diantara member lain pada umumnya, menjadi seorang Captain maupun Center juga merupakan sebuah kehormatan dan sebuah bukti bahwa usahanya telah membuahkan hasil dan menjadi prestasi untuk member tersebut.

Namun, banyak orang termasuk Fans JKT48 yang masih belum paham akan kedua posisi tersebut dalam sebuah tim. Untuk kalian yang belum paham, pasti akan bertanya-tanya apa sih fungsi dari Captain dan fungsi dari Center? apa tugas mereka yang menduduki posisi tersebut?

Nah, pada artikel kali ini, mimin akan mencoba untuk membahas job desk atau peran dari member yang mengemban dua posisi tersebut. Mimin akan membahas ini dalam sudut pandang Captain dan Center dalam sebuah Team dan dalam sebuah Group.

Baca Juga : Memahami Istilah "Oshi" dan Istilah Turunannya

Peran dari Captain dan Center di JKT48

Captain

Captain atau Kapten merupakan posisi yang penting dalam sebuah tim/group, mereka yang mengemban gelar ini haruslah seorang member yang memiliki jiwa kepemimpinan, mencintai tim/group-nya serta paham luar dalam dari tim/group yang dia pimpin. Seorang kapten juga dituntut agar mengenal seluruh anggota tim/group, mau dan dapat berbaur, mengayomi serta mampu memimpin anggotanya agar bisa mencapai tujuan yang telah ditentukan bersama-sama.

Kenapa seperti itu? karena kapten memiliki beberapa tugas dan tanggung jawab, beberapa yang mimin ketahui diantaranya adalah sebagai berikut :

    1. Menentukan tujuan dari sebuah tim/group.
    2. Memimpin & memotivasi anggota tim agar mampu mencapai tujuan.
    3. Mengayomi serta menjadi pendengar & tempat keluh kesah para member.
    4. Observasi dan evaluasi kinerja seluruh anggota.
    5. Mengemukakan ide dan gagasan kepada JOT.
    6. Menjadi perwakilan dari tim/group dalam berbagai acara publik.
    7. Menjadi perantara antara member tim dengan Captain JKT48 dan JOT (JKT48 Operational Team) / Menjadi perantara antara member dengan JOT untuk Captain JKT48.

Dengan tanggung jawab yang besar ini, maka seorang kapten harus bisa menurunkan egonya agar seluruh anggota yang ia pimpin dapat berkembang menjadi member yang layak sebagai anggota tim di JKT48.

Center

Berbeda dari kapten yang job desk-nya lebih ke arah manajemen anggota dan komunikasi dengan manajemen layaknya seorang Ketua OSIS, center merupakan posisi yang mewajibkan seorang member untuk berada di depan, menjadi icon dan mampu tampil sebaik mungkin di atas panggung. Penampilan yang menarik, ekspresif dan performance yang baik merupakan hal penting untuk seorang center demi menjaga image dari Team maupun Group yang ia ujung tombaki. 

Umumnya, seorang center merupakan member yang memiliki karakter yang kuat atau member yang memiliki performance yang baik di atas panggung. Karena itu, maka posisi Center merupakan posisi yang penting dalam sebuah pertunjukkan, mau itu pertunjukan yang mewakili idol group di acara publik maupun pertunjukkan reguler di theater. Kenapa? karena Center merupakan member yang mendapat perhatian paling banyak saat berada di atas panggung.

Salah satu contoh yang mudah untuk menggambarkan tanggung jawab seorang center adalah saat perform membawkaan sebuah lagu di atas panggung, center harus dapat tampil sebaik mungkin untuk dapat menyampaikan makna lagu ke penonton. Walau ini juga tugas dari seluruh member, tapi sebagai center yang berada di depan, dia memiliki tanggung jawab lebih untuk hal ini.

Selain itu, center juga merupakan member yang mewakili group saat promosi lagu dan acara sehingga dia harus memiliki kemampuan public speaking yang bagus.

Itulah penjelasan dari mimin mengenai peran dari member yang menyandang posisi sebagai Captain dan Center di JKT48 serta idol group lain yang memiliki konsep sejenisnya. Mereka yang mendapat posisi ini berarti sudah dipercaya oleh manajemen untuk menjaga wajah dari group tersebut.

Semoga artikel yang cukup serius kali ini dapat kalian pahami dengan baik dan dapat menjadi pengetahuan baru untuk kalian. Semua yang tertulis ini merupakan pemahaman dari mimin dan rangkuman dari beberapa opini yang diutarakan oleh Fans JKT48 yang mimin wawancarai. Semoga bermanfaat dan tetap #NGIDOLPOSITIF dan #NGIDOLKREATIF -Gigs

0 Comments

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar anda dengan jelas dan sopan. Kami berhak menghapus komentar anda bila komentar yang telah anda tulis kami anggap tidak baik.