Cover Lagu JKT48 Terbaik yang Bisa Kamu Temukan di YouTube

Cover Lagu JKT48 Terbaik - Arsip Wota
Cover Lagu JKT48 Terbaik yang Bisa Kamu Temukan di YouTube (Pict Source)

Membuat cover lagu merupakan salah satu kegiatan seru dan produktif yang dapat dilakukan oleh para fans, selain dapat meramaikan fandom, membuat cover lagu juga dapat menjadi portofolio sendiri untuk kalian sebagai pembuat cover lagu tersebut, entah itu hanya dalam berbentuk audio maupun video, mau itu hanya sebuah lyric video, rekaman studio session maupun hingga super niat untuk membuat music video.

Untuk fandom JKT48 sendiri, sejak awal muncul sebenarnya sudah banyak fans yang kreatif untuk membuat berbagai cover lagu JKT48, mulai dari mereka yang hanya membuat rekaman audio yang diunggah di Soundcloud dan juga cover lagu dalam bentuk video yang diunggah di YouTube.

Dari banyaknya video yang ada di YouTube, mimin telah memilih-milih beberapa video cover ynag menurut mimin bagus dan sesuai dengan selera mimin. Silahkan kalian cek daftar berikut siapa tahu kalian suka dan bisa jadi referensi pas pengen dengerin lagu jeketi dengan vide dan aransemen yang berbeda dari aslinya.

Baca Juga : 5 Kategori Lagu dari JKT48 Menurut Status Perilisannya

Cover Lagu JKT48 Terbaik di YouTube

JKT48 - Heavy Rotation Cover by Missing Madeline


Lagu Heavy Rotation dari JKT48 dicover oleh Missing Madeline, sebuah group band lokal bergenre Pop Punk. Eksekusi yang keren oleh Missing Madeline membuat lagu Heavy Rotation yang awalnya memiliki musik yang rame dan J-Pop banget menjadi Pop Punk yang bikin kita pengen angguk-anggukin kepala.

JKT48 - Heavy Rotation Cover by Dora and Dreamland

Masih di lagu yang sama yaitu Heavy Rotation, lagu yang sangat ikonik dengan JKT48 ini dicover oleh Dora and DreamLand menjadi metal, lengkap dengan scream yang membuat lagu J-Pop ini menjadi sangat cadas. Cover-an satu ini bisa bikin kalian merasa sangat macho saat memutar coveran ini di speaker tongkrongan.

JKT48 - Ponytail to Shushu Cover by Jeje GuitarAddict

Jeje GuitarAddict merupakan musisi yang aktif mengunggah video tentang musik, terutama project dari band-nya maupun side-project yang sedang ia kerjakan. Jeje beberapa kali mengunggah video cover lagu JKT48, salah satunya adalah Ponytail to Shushu yang sempat populer karena musik aransemen metalnya yang cadas.

JKT48 - Only Today Cover by JKT48 Acoustic ft. Sheila and The Upmost

Lagu Only Today dicover oleh member sub-unit JKT48 Acoustic yang berkolaborasi dengan Sheila and The Upmost dengan sangat keren dimana mereka dapat membuat lagu yang awalnya nge-beat dan dance banget menjadi lebih chill dan asik dinikmati sembari santai-santai berkat suara member akustik yang enak dan ditambah dengan iringan musik dari Sheila and The Upmost yang bukan kaleng-kaleng.

JKT48 - Ditempat yang Jauh Pun (Tooku ni Itemo) Cover by Ex-JKT48 Gen 3, The Skymen & Ascarya Music

Video ini merupakan project kolaborasi antara The Skymen, Ascarya Music bersama dengan para Ex-Member JKT48 Generasi ke-3 yang membuat video kolaborasi cover "jarak jauh" dengan membawakan lagu Tooku ni Itemo (di tempat yang jauhpun) dalam rangka menghibur semua orang yang saat itu sedang mengalami pandemi COVID-19.

Musik di aransemen ulang oleh Yessi Kristianto, mixing dan mastering secara online oleh Joshua Stevian Sila'a at Midiquest Studio Bali serta videonya di edit oleh Jonathan Ferdyan Sila'a & Abe Rudolf. Keren banget deh coveran satu ini.

JKT48 - Rapsodi by GodJam Project

Project Cover lagu JKT48 - Rapsodi ini di-inisiasi oleh Jonathan Ferdyan atau biasa dipanggil dengan nickname JonFer. Project yang dinamai dengan nama GodJam Project ini melibatkan beberapa musisi lokal seperti Yessi Kristianto, Nadse, Rangga Pranenda dan beberapa musisi hebat lainnya ini menghasilkan cover lagu Rapsodi yang indah walaupun dikerjakan secara online di rumah mereka masing-masing.

JKT48 - Kapal Baru (New Ship) Cover by Hello Hey Sunday

Hello Hey Sunday merupakan band pop punk asal Surabaya yang sudah sering diundang di event fanbase JKT48 Surabaya untuk meramaikan acara. Tidak jarang mereka membawakan lagu idol group nasional JKT48. Sebelum membuat cover lagu New Ship, sebelumnya mereka telah merilis video cover lagu Run Run Run yang nggak kalah keren dari video diatas.

Shani JKT48 - Menanti Cover by Nakama

Lagu solo dari Shani (Team KIII) yang berjudul Menanti dicover oleh group bernama Nakama yang memiliki lead vocal seorang laki-laki. Hal ini cukup menarik mengingat versi asli dari lagu ini dibawakan oleh Shani yang merupakan seorang perempuan.

Selain itu, aransemennya juga terasa fresh dan mewah berkat hadirnya suara dari saxophone.

JKT48 - Freckles' Kiss Cover by Faikar Aliyasyfa

Faikar Aliyasyfa merupakan fans JKT48 yang dulunya merupakan personil dari PPM Music, namun dia memilih untuk lepas dari group tersebut dan memulai cover lagu di channel YouTube miliknya sendiri. Suara vokal dan juga musik-nya yang easy listening membuat setiap coverannya enak untuk didengar dikala momen santai.

Satu yang unik dan khas dari pria yang memiliki julukan Depay ini adalah shout yang kerap dia masukan di sela video coveran-nya, yaitu "Huu Shani".

JKT48 - Seesaw Game Penuh Air Mata (Namida no Seesaw) Game Cover by PPM Music

Pejaka Pulau Matahari Music atau biasa disingkat menjadi PPM Music merupakan group musik yang berisikan fans JKT48. Mereka mulai membuat cover lagu JKT48 di YouTube sejak tahun 2019 yang awalnya hanya berisi 3 anggota.

PPM Music sering kali melakukan eksprerimen terhadap aransemen dari lagu yang mereka cover. Hal ini membuat setiap cover yang mereka buat menjadi unik.

JKT48 - Kamulah yang Memberitahu Aku (Kimi ga Oshiete Kureta) Cover by Idol Project

Idol Project group band asal Bandung yang aktif membuat cover lagu JKT48 dengan sangat niat di channel YouTube mereka. Kenapa "sangat niat"? karena mereka benar-benar memikiran kualitas cover mereka mulai dari aransemen, pemilihan vokalis, hingga konsep dan pengerjaan video-nya. Hingga saat ini Idol Project telah meng-unggah 19 video cover lagu JKT48 yang semuanya wajib kalian lihat.

Semoga mereka terus konsisten dalam membuat cover-cover lagu JKT48 yang berkualitas untuk meramaikan Fandom JKT48.

JKT48 - Karena Kusuka Dirimu (Kimi no Koto ga Suki Dakara) Cover by Andela & Avalon

Avalon adalah content creator yang berfokus pada konten musik. Mereka sering kali bekerjasama dengan para penyanyi untuk membuat cover lagu dan music video. Mereka beberapa kali berkolaborasi dengan ex-member JKT48 untuk membuat cover dari lagu-lagu JKT48 dan salah satunya adalah dengan Andela.

JKT48 - Bersepeda Berdua (Futari Nori no Jitensha) Cover by Sendy, Akbar Tsai & LC Records ID

Sendy Ariani, ex-member JKT48 generasi 1 bersama LC Records ID berkolaborasi dengan Akbar Tsai, seorang content creator yang membuat cover lagu menggunakan gitar berkolaborasi untuk membuat video cover dari lagu JKT48 - Futari Nori no Jitensha yang dibuat menjadi versi Rock.

LC Records sendiri merupakan group band yang aktif merilis lagu original dan juga cover dengan mengkominasikan antar melodic dan heavy instrumental.

JKT48 - Cahaya Panjang (Nagai Hikari) Cover by Rookie Boom ft. Choco Miruku

Rookie Boom adalah group musik yang aktif membuat cover lagu JKT48 pada masa awal-awal munculnya JKT48. Salah satu cover terbaik dari Rookie Boom (versi mimin) adalah pada video cover lagu Nagai Hikari yang mana mereka berkolaborasi dengan group Choco Miruku.

JKT48 - Kolam yang Tak Berair (Mizu no Nai Pool) Cover by Tegar Ari (Helvetica. / Ragetegar)

Video Cover lagu JKT48 - Mizu no Nai Pool dari Helvetica ini mampu membuat kalian menjadi baper saat mendengarkannya karena aransemen ulang yang pas atau sesuai dengan lirik lagunya, apalagi jika kalian sudah pernah mendengar lagunya atau malah sudah pernah menonton pertunjukkan theater Seifuku no Me dari Team T.

JKT48 - Jurus Rahasia Teleport (Hissatsu Teleport) Cover by SAKA

SAKA merupakan group yang sering kali membuat cover lagu-lagu JKT48 ke dalam genre keroncong dengan alat musik gitar kentrung. Lagu JKT48 dengan beat seperti apapun berhasil mereka cover menjadi versi slow yang enak didengarkan dikala momen santai, salah satu yang paling mimin suka ya Hissatsu Teleport ini.

JKT48 - Baby! Baby! Baby! Cover by Juwita Band

Juwita Band merupakan female band dari Jakarta yang beranggotakan 6 orang wanita. Mereka mengawali karir dari YouTube dan sempat populer berkat meng-cover 2 lagu dari JKT48 yaitu Aitakatta dan Baby! Baby! Baby!.

JKT48 - Gingham Check Cover by KawandasaWolu

KawandasaWolu merupakan group yang beranggotakan Fans JKT48 dari Yogyakarta. Mereka sering kali membuat video cover lagu-lagu JKT48 yang liriknya telah diterjemahkan ke bahasa Jawa. Selain menggunakan bahasa Jawa, cover-an mereka menjadi semakin unik berkat beberapa bagian lirik ada yang diplesetkan menjadi istilah lokal, tetapi hal tersebut tidak merubah makna lagu yang mereka cover.

Di beberapa video yang mereka rilis di YouTube, terlihat mereka me-cover dengan aransemen sendiri serta menambahkan elemen gendang yang membuat cover-an mereka semakin unik dan terasa semakin kental dengan budaya Jawa.

JKT48 - Kelopak-Kelopak Bunga Sakura (Sakura no Hanabiratachi) Cover by Yudha Hendria

Masih berhubungan dengan group KawandasaWolu, cover lagu JKT48 satu ini dinyanyikan oleh Yudha Hendria yang membawakan lagu Sakura no Hanabiratachi hasil translate dari KawandasaWolu yang liriknya diterjemahkan ke Bahasa Jawa versi halus. Cover lagu kelulusan satu ini semakin membuat kita yang mendengarkan jadi baper.

JKT48 - Hubungan Kau dan Aku (Kimi to Boku no Kankei) Cover by ViendaBilly

Video cover lagu JKT48 - Kimi to Boku no Kankei ini merupakan kolaborasi antara Vienda Billy bersama dengan JKT48 Jogja FC dan KawandasaWolu yang ditujukan untuk Melody (yang saat itu masih merupakan member JKT48). ViendaBilly sendiri dulunya sering melakukan cover lagu-lagu JKT48 yang diunggah ke YouTube dan SoundCloud.

JKT48 - First Rabbit Cover by WiraDiazPatudu ft. Ardi Rifqi

WiraDiazPatudu berkolaborasi dengan Ardi Rifqi membuet cover lagu JKT48 - First Rabbit dengan gaya akustik yang keren. Selain itu mereka juga menambahkan beberapa kata-kata motivasi yang relate dengan lirik lagu First Rabbit untuk kalian yang menonton.

JKT48 - Fan Letter Cover by BERANDA, Cloudust & Siscoustic

BERANDA bersama Cloudust dan Siscoustic berkolaborasi membuat sebuah cover dari lagu JKT48 - Fan Letter. Kolaborasi mereka ini menghasilkan sebuah cover music yang keren dan indah sehingga membuat lagu Fan Letter jadi semakin menyetuh hati yang mendengarkannya.

JKT48 - Ku Tak Pantas Menjadi Seorang Pujangga Cinta (Koi wo Kataru Shijin ni Narenakute...) Cover by SISASOSE

SISASOSE adalah content creator YouTube yang terkenal karena banyak membuat cover lagu dengan aransemen khas-nya. Konten aransemen awal dari SISASOSE bukan langsung cover lagu JKT48 versi pop punk, melainkan aransemen instrumental dari lagu Vocaloid berjudul Copycat.

Disini, mimin memilih untuk meng-highlight video SISASOSE yang mengaransemen ulang lagu JKT48 yang berjudul Koi wo Kataru Shijin ni Narenakute... (Ku Tak Pantas Menjadi Seorang Pujangga Cinta) yang dibuat menjadi Pop Punk. Menurut mimin, di video ini SISASOSE sukses mengaransemen lagu ini menjadi lebih unik, up beat dan cadas.

Baca Juga : Istilah dan Singkatan Dalam Fandom JKT48

Selain video yang sudah mimin list diatas, sebenarnya masih banyak cover lagu JKT48 yang dibuat oleh para Member JKT48, Ex-Member JKT48, Fans JKT48, Musisi ataupun YouTuber yang kualitasnya nggak kalah bagus yang tidak bisa mimin masukkan kesini karena nantinya artikel ini akan menjadi terlalu panjang.

Untuk mengatasi itu, mimin sudah buat sebuah Playlist di YouTube yang bisa kalian save sehingga kalau ada video baru yang mimin tambahkan, kalian bisa cek dan langsung putar melalui playlist tersebut. Berikut playlistnya :

Selamat menikmati wots! Jangan lupa support terus JKT48 dan ramaikan fandomnya agar kita dapat JKT48 dapat terus menghibur kita dan juga fanodm JKT48 tetap seru, tetap ramai dan tidak hanya seru tapi juga produktif dan positif. #NGIDOLPOSITIF #NGIDOLKREATIF -Gigs

0 Comments

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar anda dengan jelas dan sopan. Kami berhak menghapus komentar anda bila komentar yang telah anda tulis kami anggap tidak baik.