Memahami Konsep Idola dari JKT48

Konsep Idola dari JKT48 - Mayoritas masyarakat umum mengenal JKT48 pada masa kepopuleran dari boyband dan girlband. Maka dari itu, masyrakat umum menganggap bahwa JKT48 adalah sebuah girlband. Berangkat dari hal ini, para Fans JKT48 mulai mengkampanyekan bahwa JKT48 adalah Idol Group, bukan Girlband. 

Waktupun berlalu dan akhirnya masuk ke era kepopuleran dari K-Pop dimana mayoritas anak muda tertarik dan menyukai K-Pop. K-Pop hadir dengan konsep Idol yang menurut orang awam sama dengan yang digunakan oleh JKT48. 

Namun, apakah kalian tahu kalau konsep Idol yang digunakan oleh JKT48 dalam hal ini Konsep 48 Gorup itu berbeda dengan konsep yang umumnya digunakan oleh Idol K-Pop? So, kali ini mimin ingin sedikit membahas tentang Konsep Idola yang digunakan oleh JKT48 ini. Kuy kita bahas!

Baca Juga : Daftar Seluruh Setlist Theater dari JKT48

Konsep Idola dari JKT48

Konsep Dasar

JKT48 adalah idola yang dapat kalian temui di Theater mereka yang berada di Mall fX Sudirman lantai 4 (F4). Selain itu, JKT48 juga akan mendatangi fans mereka ke berbagai kota melalui event JKT48 Circus yang mereka adakan setiap tahun, hingga saat ini, Circus telah dilaksanakan sebanyak 4 kali semenjak pertama kali dilaksanakan pada 1 Juli 2018.

Selain itu, JKT48 juga menggunakan konsep tumbuh dan berkembang bersama fans yang mereka adopsi dari AKB48 yang merupakan sister group mereka. Konsep ini diterapkan kepada para member semenjak mereka resmi menjadi member dari JKT48.

Sistem  Audisi & Pelatihan

JKT48 melaksanakan audisi setiap tahun sebagai bentuk regenerasi para membernya. Maka dari itu JKT48 memiliki sistem generasi yang setiap tahun bertambah. Ini juga merupakan alasan kenapa jumlah member JKT48 sangat banyak dibandingkan dengan group lain yang ada di Indonesia.

Setiap gadis yang lolos audisi dan resmi diumumkan sebagai member baru dari JKT48 akan mendapatkan pelatihan sebelum akhirnya debut dan diperkenalkan kepada para Fans JKT48. Pelatihan ini dilakukan agar para member ini layak untuk tampil diatas panggung. Setelah itu, mereka harus dapat mengembangkan potensinya lewat setiap latihan dan setiap pertunjukkan yang mereka lakukan baik di Theater, Event, Konser ataupun berbagai acara yang mengundang JKT48.

Baca Juga : Single ke-22 dari JKT48 - Cara Ceroboh untuk Mencinta

Pengembangan Skill Member

Pengembangan skill para member JKT48 dilakukan seiring dengan karir mereka, member sendiri harus menemukan dan menunjukkan kemampuan mereka serta mengembangkan kemampuan tersebut di setiap show yang mereka lakukan. Management akan memfasilitasi para member sesuai skill yang member miliki.

Beberapa contohnya seperti membuatkan sub-unit sendiri seperti JKT48 Acoustic. Pembentukan Valkyrie48 untuk member yang suka main game. Memberikan kesempatan menjadi MC di Theater dan berbagai event yang dilaksanakan JKT48. Mendaftarkan member ke berbagai casting untuk iklan, series, film, dan berbagai cara lainnya untuk memfasilitasi para member.

Image Group

Jika kita lihat dari luar, JKT48 hadir dengan image yang ceria, menghibur dan dapat menjadi sumber semangat bagi orang-orang yang menonton. Namun, menurut mimin sendiri, setiap member JKT48 memiliki image mereka masing-masing yang tentunya mereka bangun dari awal karir mereka sebagai member. Contohnya seperti Sisca yang suka menyanyi dan imajinatif (halu), atau Eli yang kocak, ekspresif, dan suka melucu.

Disamping itu, setiap single yang dirilis oleh JKT48 juga memiliki image masing-masing. Contohnya seperti single Rapsodi yang hadir dengan membawa image yang cantik dan elegan untuk para member. Ada juga image yang tampak serius dan keren yang dihadirkan oleh single UZA. Atau single terbaru mereka, Cara Ceroboh untuk Mencinta yang memiliki image yang lebih dewasa karena mengangkat tema rasa sakit karena terlalu coboh atau terlalu berlebihan saat mencintai seseorang.

Baca Juga : Cinta Remaja, Lagu ke-2 dan Terakhir dari JKT48 Acoustic

Kegiatan & Pertunjukan

1. Theater

Seperti yang sudah mimin singgung di poin-poin sebelumnya. JKT48 memiliki theater sendiri yang menjadi panggung pertunjukan rutin bagi para member. Theater adalah tempat paling tempat untuk para fans yang ingin melihat perkembangan member yang ia dukung dari hari ke hari.

Theater menawarkan pengalaman menonton langsung penampilan para member, disetiap show pasti terdapat pengalaman yang berbeda, seperti mendapat lokasi tempat duduk yang berbeda, tema MC yang berbeda, formasi member yang di-shuffle, dan hal-hal kecil lainnya yang membuat kamu selalu ingin kembali ke Theater JKT48 lagi.

2. Kegiatan Reguler

JKT48 kerap kali bekerjsama dengan Radio, TV ataupun Platform Streaming untuk memiliki acara regular. Beberapa contohnya seperti acara iClub48 di NET. TV, siaran KOPAJA48 di Gen 98.7FM, JKT48 Battle Night di platform streaming RCTI+ dan yang paling baru ada Gemash!, Mabar Valkyrie48 dan Bucin di platform streaming Goplay.

3. Live Showroom

Selain kegiatan regular, JKT48 juga memiliki berbagai kegiatan lain seperti Live Showroom yang dilakukan oleh para member. Showroom dapat menjadi ruang interaksi antara fans dengan member, member dapat menjawab pertanyaan para fans dan dari sisi fans, mereka dapat lebih mengenal member yang dia dukung. Kegiatan ini dilakukan setiap member JKT48 dengan jadwal yang dapat mereka atur sendiri.

Fans yang menonton live Showroom juga dapat memberikan gift-gift lucu kepada member yang sedang live. Dengan memberi gift, fans dapat naik peringkat sehingga avatarnya dapat terlihat di barisan top 100 viewers.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Avatar Secara Gratis di SHOWROOM

4. Event Interaktif

Ada juga event khusus yang diselenggarakan sebagai ruang untuk para fans dapat berinteraksi dengan member JKT48. Yang paling umum diketahui orang adalah Handshake Event atau acara jabat tangan dimana kalian dapat membeli tiket untuk mendapatkan sesi berjabat tangan dan ngobrol dengan para member. Melalui ini kalian dapat mengenal member lebih jauh, dan kalau kalian rajin, tidak menutup kemungkinan member juga akan mengenal kalian.

Namun, selain handshake, masih ada event lain loh, seperti video call dan private talk yang merupakan pengganti handshake semenjak pandemi kopet. Video Call menjadi opsi menarik karena kalian tetap dapat ngobrol dengan member secara privat, namun dengan satu tiket kalian bisa mendapat durasi ngobrol yang lebih lama.

Untuk Private Talk, ini adalah sesi ngobrol dengan member secara langsung yang dapat kalian ikuti sesuai jadwal di Theater JKT48. Selain mendapat sesi ngobrol, kalian juga akan mendapat signed pin-up spesial dari member yang kamu pilih untuk private talk.

5. Konser

Selain ruang interaksi, JKT48 juga melaksanakan konser, beberapa konser yang pernah dilaksanakan seperti Konser Anniversary, Konser Kelulusan Member, JKT48 Circus Mini Concert, Konser Spesial untuk Team dan beberapa konser spesial lainnya. Disamping konser yang digelar sendiri, JKT48 kerap kali juga mengikuti konser yang dilaksanakan oleh sister group mereka, contohnya adalah AKB48 Group Asia Festival yang dilaksanakan setiap tahun.

6. Event Pemilihan Member

Selain konser, JKT48 juga punya event besar seperi Kompetisi Janken (Suit Jepang) dan event Senbatsu Sousenkyo (Pemilihan Member) untuk menentukan formasi member yang akan membawakan single baru dari JKT48. Event seperti ini biasanya dilaksanakan dalam jangka waktu yang cukup panjang.

Untuk Kompetisi Janken, biasanya diawali dengan penjualan tiket event, lalu berlanjut ke pembagian bagan janken di Theater baru event janken dimulai hingga akhirnya sampai ke event penentuan siapa saja member yang mendapatkan posisi senbatsu nomor 16 hingga nomor 3.

Untuk Senbatsu Sousenkyo, penentuan member senbatsu dilakukan lewat voting yang dilakukan oleh fans. Member akan mempromosikan dirinya lewat berbagai cara seperti video promosi, konten media sosial, performance theater dan berbagai cara unik lainnya selama jangka waktu voting. Puncak event ini adalah saat pengumuman hasil akhir yang biasanya diadakan di panggung yang megah berisikan kursi bertingkat yang nantinya diduduki para member beringkat 32 hingga peringkat 1.

Baca Juga : Apa itu Senbatsu Sousenkyo atau SSK?

Target Pasar

Berbeda dengan K-Pop yangpunya target pasar internasional, JKT48 adalah idol group yang lebih megutamakan pasar lokalnya karena salah satu tujuan dari JKT48 adalah menjadi idola nasional yang berarti ingin menjadi idola nomor 1 di Indonesia.

Bila kita melihat berbagai kegiatan yang dilakukan oleh JKT48, mereka memang lebih fokus untuk menarik fans baru lewat berbagai kegiatan reguler dan konser mereka adakan. Seelain itu mereka juga berusaha mempertahankan fans mereka lewat berbagai kegiatan dan event menarik seperti live showroom para member hingga event interaktif yang sudah mimin jelaskan diatas.

Baca Juga : Rutinitas Pagi Para Member JKT48

So, itulah sedikit pembahasan dari mimin mengenai Konsep Idola dari JKT48 yang cukup berbeda bila kita sandingkan dengan K-Pop yang mana membernya harus benar-benar matang sebelum akhirnya debut. Memang secara garis besar, industri idol di Jepang dengan Korea Selatan memang memiliki perbedaan yang cukup mendasar.

Bagaimana menurut kalian? Komen dibawah ya!

Foto diambil dari Media Sosial JKT48

0 Comments

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar anda dengan jelas dan sopan. Kami berhak menghapus komentar anda bila komentar yang telah anda tulis kami anggap tidak baik.